Laman

Kamis, 21 Februari 2013

Sejarah Orang Besar Dunia

Ini postingan perdana saya, dan semoga postingan ini bermanfaat. Maunya sih pake intro dulu, tapi yaudahlah karena kepepet nggak pake intro juga nggak apa-apa kan. Kali ini saya mau ngebahas tentang sejarah orang-orang yang udah nggak asing lagi di telinga kita. Banyak orang menganggap mereka adalah orang yang sangat penting di jaman yang begitu modern seperti saat ini. Terkadang memang kita luput dengan hal sekecil sejarah seperti ini, tapi percayalah "Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak pernah melupakan sejarah" kalau tidak salah seperti itu kutipan dari seorang proklamator Republik Indonesia. Oke, kita mulai dengan sosok orang besar dunia yang pertama...


1. Kubilai Khan.
 
Kubilai Khan

Tentunya seorang Kubilai Khan ini bukanlah kakek dari Sakh Rukh Khan, karena Kubilai Khan hidup jauh sebelum kakek Sakh Rukh Khan lahir. Kubilai Khan hidup sekitar pada abad ke-13. Dengan wajah yang seperti itu Kubilai Khan termasuk Kaisar Mongol yang sangat kejam dan ekspansif. Kubilai Khan adalah cucu dari sang legendaris Gengis Khan, jangan ditambahin Dar ya, ntar situ malah nanya saya lagi itu siapanya Jessica Iskandar -_-
Kubilai Khan adalah tokoh pemimpin dunia pertama yang mencetuskan hari-hari besar agama Islam, kristen, budha dan yahudi dijadikan sebagai hari libur resmi kenegaraan. Dari sini saja kita tahu, kalau sebenarnya Bapak Libur Nasional adalah Kubilai Khan karena tanpa adanya beliau kita cuma libur sekitar satu bulan lebih dikit dalam setahun dan itu another kampret moment. Yang jelas kita bakalan tua di bangku sekolah. Tua di sekolahan itu doesn't matter, but sometimes we must take some holiday, right? Terima kasih Kubilai Khan karena jasamu sekarang kami lebih dapat menghargai hari libur nasional. Kami berjanji akan menggunakan waktu liburan untuk sesuatu yang berguna.  #RespectToKubilaiKhan.







2. Abraham Lincoln.

Abraham Lincoln

Menurut saya, beliau patut untuk disejajarkan dengan Kubilai Khan. Bukan karena beliau ikut menanam saham dalam bisnis libur nasional yang dicetuskan Kubilai Khan, emang Indonesia semua dinilai dari uang?
Abraham Lincoln adalah seorang presiden Amaerika Serikat sekitar tahun 1860. Saya menyejajarkan beliau dengan Kubilai Khan karena sosoknya yang terkenal sial tidak pantang menyerah. Beliau banyak sekali mengalami kegagalan, tapi beliau tidak pernah sekalipun berpikir untuk berputus asa. Seperti contohnya sekitar tahun 1831 beliau pernah bangkrut dalam usahanya, tahun 1835 istrinya meninggal, tahun 1840 beliau gagal dalam pemilihan anggota senat AS, 1856 beliau gagal dalam pemilihan untuk menduduki kursi wakil presiden AS, tahun 1858 beliau kalah (lagi) dalam pemilihan senat AS dan sampai akhirnya rentetetan kegagalannya membuahkan hasil sekitar tahun 1860 dan saat itu beliau berhasil mendapatkan jabatan sebagai Presiden Amerika Serikat. Dari sini saja kita tahu, semangat dan pantang menyerah beliau patut kita contoh. Terlebih lagi dalam hal cinta. Baru ditolak sekali langsung pengen bunuh diri, apaan. Situ manusia? Seharusnya pemikirannya nggak sempit. #GerakanKedubesAntiPemikiranSempit.





3. Christoper Colombus.

Christopher Colombus

Sejarah menyebutkan bahwa Christoper Colombus adalah orang yang pertama kali menemukan Benua Amerika dan semua orang setuju kalau Christoper Colombus adalah orang besar di dunia. Tapi, saya beranggapan berbeda dengan dunia. Karena waktu itu Christoper Colombus hendak berlayar ke India dan karena human error terdamparlah mereka di dataran Amerika. Dari sini sejarah membutakan mata kita dengan mengasumsikan bahwa Christoper Colombuslah yang menemukan Benua Amerika. Dari sini saja kita bisa melihat, bagaimana bisa seseorang yang tersesat di sebuah wilayah terpencil lalu dikatakan menemukan suatu wilayah itu? Apa iya besok kalau saya mau ke Malioboro tapi tersesat di Pasar kembang itu artinya saya yang menemukan Pasar Kembang? Nggak kan? Sejarah banyak membutakan banyak orang dengan pandangan satu sisinya. Sejarah terkadang menyenangkan dan terkadang kejam.



 



Oke, mungkin segitu aja postingan saya tentang beberapa orang besar di dunia yang ternyata luput dari pemikiran kita. Oh iya, postingan di atas saya tambahkan sedikit humor, karena sejarah tanpa bercanda akan membuat ngantuk para pembaca. At least, semuanya didasarkan true historynya kok. Kalau nggak percaya googling lagi aja. Kalau ada tambahan, bisa di post di kolom koment. Karena saya juga masih belajar :))
Salam Hisotoyry!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar